Pelaksanaan Lomba Kampung Idaman Berseri Di Desa Kedungmulyo

  • Oct 07, 2023
  • Kedungmulyo

Kemarin pada hari Selasa (3/10) telah dilaksanakan Verifikasi Lomba Kampung Idaman Berseri di Desa Kedungmulyo, tepatnya di RT 002 RW 006 dan RT 001 RW 007 Dusun Kedungasri. Dalam kegiatan ini Desa Kedungmulyo ditunjuk untuk mewakili Kecamatan Bangilan untuk mengikuti Lomba Kampung Idaman Berseri yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Tuban.

Kegiatan ini diawali dengan masuknya tim kabupaten yang disambut dengan yel-yel yang dibawakan ibu-ibu dari RT 002 RW 004 kemudian disambut dengan iringan tabuhan tongklek dan tarian persembahan dari pemuda dan ibu-ibu RT 001 RW 007. Setelah itu, tim kabupaten diajak untuk mencicipi produk-produk unggulan desa. Tim PKK Kecamatan dan tim PKK Desa juga memperkenalkan satu per satu produk-produk unggulan desa yang bukan hanya hasil bumi seperti semangka, blewah, waluh, pisang, dan mangga tetapi juga beraneka ragam produk olahan hasil bumi Desa Kedungmulyo seperti gethuk, gentilut, puthu ayu, tape singkong, aneka bubur, dan aneka camilan lainnya.

"Persiapan lomba sebenarnya hanya dilakukan selama dua minggu terakhir karena tidak terlalu banyak hal yang harus ditambahkan, hanya perlu penambahan hiasan-hiasan saja untuk menambah semarak penampilan dusun kami dan sedikit pembenahan administratif setiap RT dengan bimbingan ibu-ibu PKK Kecamatan", Ujar Ibu Yohanna selalu Ibu Kepala Dusun Kedungasri.

Berdasarkan hasil evaluasi dan verifikasi dari Tim Kabupaten, semua sudah bagus. Biopori sudah ditempatkan di tempat yang tepat. Tanaman sudah banyak dan cukup rindang sehingga lingkungan tampak asri, hanya saja pengolahan limbah dari ternak belum dimanfaatkan secara maksimal. Seperti kotoran ternak yang bisa digunakan sebagai pupuk organik baik sebagai campuran pupuk kompos maupun sebagai pupuk cair.